Selektif Dalam Memilih Baju Anak

Baju Berperan Sebagai Pelindung

Baju berfungsi sebagai alat yang bertugas melindungi bagian tubuh dari lingkungan luar, seperti hujan, panas, dan debu. Juga sebagai alat untuk menutup aurat sebagai etika bersopan santun. Baju akan pantas dikenakan siapapun jika sesuai dengan usia pemakai, sesuai dengan tempat dan waktu.

Baju Anak Anak

Anak-anak pada umumnya senang bergerak aktif. Mereka membutuhkan baju yang bisa mendukung aktiyitasnya, tanpa membatasi ruang geraknya. Mereka butuh baju yang nyaman dan aman.

Produsen baju anak anak berpendapat bahwa memproduksinya termasuk lahan yang menarik. Berbagai upaya dilakukan agar produk mereka laku, termasuk dalam mendesain baju anak anak.

Bagaimana cara memilih baju anak anak? Banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Jangan sampai anak Anda menjadi korban mode yang semakin modern dan tak lagi memperhatikan esensi dari baju tersebut.

Baju Anak Anak Harus Nyaman

Pakaian yang nyaman adalah pakaian yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat dan cukup lentur mengikuti gerak tubuh si pemakai atau tidak kaku. Dengan model pakaian yang sesuai dengan kebutuhan pemakai.

– Bahan

Untuk baju anak biasanya digunakan bahan katun dan kaos. Atau boleh juga memakai bahan jeans atau drill tapi yang lembut dan ringan. Bahan yang digunakan harus bahan yang kuat dan tidak mudah rapuh, mengingat ruang gerak anak yang sangat aktif

– Model

Baju anak didesain sesederhana mungkin. Bisa terdiri dari dua potong: baju atasan dan bawahan. Model baju anak anak tidak menyerupai baju dewasa, karena tidak tepat pemakaiannya. Pakailah baju dengan ukuran yang tepat. Tidak ketat dan tidak terlalu minim. Baju yang ketat sangat mengganggu kesehatan si anak. Baju yang terlalu minim tidak tepat karena geraknya yang aktif, fungsi baju untuk melindungi bagian tubuh tidak tercapai. Juga tubuh si anak tidak terlindungi dari lingkungan sekitarnya. Jadi, berikan baju yang terbaik untuk si anak bukan baju yang termodern.

Baju Anak Harus Aman

Pakaian yang aman adalah pakaian yang tidak merusak tubuh si pemakai.

  1. Aman dari jenis kain yang kasar, atau yang membuat anak alergi, atau jenis kain yang panas.
  2. Aman dari ornamen yang berlebihan yang bisa membahayakannya, misalnya tali yang ketat, pita yang terlalu panjang, hiasan baju yang tajam, dan lain-lain.
  3. Aman dari cuaca yang buruk. Baju itu bisa melindungi tubuhnya dari panas, hujan atau udara dingin. Jadi,jika baju anak dibuat dengan bentuk yang minim tentu sangat tidak tepat.
  4. Aman dari pandangan luar. Ini sangat berkaitan erat dengan mengajarkan sopan santun berpakaian pada anak sedini mungkin.

Pengelompokkan Baju Anak

Berdasarkan aktivitasnya, pakaian anak dibagi dalam beberapa kelompok :

– Baju bermain : terbuat dari kaos,jeans, katun. Sebaiknya tidak berwarna putih untuk menghindari noda yang membandel. Pakailah baju dengan ukuran yang pas. Untuk celana atau bawahan bisa dipilih warna gelap karena si kecil kerap duduk di mana saja atau mengusapkan tangan kotornya di celana

– Baju tidur: terbuat dari katun atau kaos. Modelnya sangat sederhana dan berukuran agak longgar.

– Baju seragam sekolah : terbuat dari katun dan kaos. Model seragam biasanya ditentukan dari sekolah, namun selain kenyamanan tentu saja mereka sangat memperhatikan kerapihan. Ornamen dasi dan rompi misalnya. Bisa dibuat lebih mudah dipakai dan tidak merepotkan saat digunakan.

– Baju pergi : untuk anak-anak sebaiknya tidak terlalu mengkhususkan baju untuk pergi, karena dikhawatirkan baju itu menjadi kesempitan karena terlalu lama disimpan. Lebih baik sediakan baju bermain yang cukup bagus agar baju itu efektif pemakaiannya.

– Baju khusus : baju untuk pesta, baju berenang, baju olah raga, dan lain-lain. Bisa disesuaikan. Jika terpaksa memlilih bahan dan model yang kurang nyaman untuk anak, usahakan membawa baju sehari-hari untuk pakaian ganti. Ini untuk menghindari baju rusak karena gerakan anak yang lasak atau sikap anak yang mulai rewel karena bajunya tidak nyaman.

Jadi, yang terpenting adalah baju anak-anak bukan miniatur baju orang dewasa. Pilihlah sesuai dengan karakter anak, bukan sesuai dengan model yang terbaru atau merek yang terkenal. Usahakan sesuai dengan pilihan anak.

Pasti Anda tidak ingin anak menjadi korban mode atau sebaliknya terlihat lusuh atau kumal bukan?

Artikel ini dikutip dari www.anneahira.com agar anak anda nyaman.

Site last updated 20/10/2017 @ 10:33 AM; This content last updated 16/10/2015 @ 6:10 PM